Tips Mudah dalam Berinvestasi

Zaman sekarang banyak sekali orang yang membahas tentang investasi, bahkan banyak jargon ayo investasi bertebaran, memang investasi itu apa? Kenapa banyak orang ingin berinvestasi? Jadi investasi adalah aktivitas menyerahkan aset biasanya berupa dana kepada suatu perusahaan untuk dijadikan modal dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Macam-Macam Investasi

Orang yang berinvestasi disebut investor. Ada beberapa macam investasi yang ada saat ini, yaitu:

  1. Investasi jangka pendek yaitu dana yang kita serahkan dapat dicairkan atau dikembalikan beserta keuntungan dalam jangka waktu satu tahun atau kurang. Contoh: tabungan bank dan deposito.
  2. Investasi jangka panjang yaitu dana yang kita serahkan baru bisa dicarikan atau dikembalikan beserta keuntungannya dalam jangka waktu lebih dari satu tahun. Contoh: emas, saham, reksa dana dan saham.

Tips Dalam Berinvestasi

Lalu bagaimana memilih investasi yang tepat dan aman? Berikut adalah tips memilih investasi.

  1. Memastikan tujuan investasi. Hal ini penting agar dapat menentukan jenis investasi apa yang tepat dengan tujuan Anda ditunjang juga dengan jumlah dana dan tenggat waktunya. Misalnya Anda berinvestasi untuk modal menikah atau membeli rumah maka investasi yang tepat adalah investasi jangka panjang karena dana yang dibutuhkan bukan dana yang mendesak serta hasil yang didapat dari investasi jangka panjang lebih besar daripada jangka pendek.
  2. Ketahui resiko yang ada. Sebelum berinvestasi ada baiknya mencari tahu jenis-jenis investasi agar dapat mengetahui resikonya karena setiap jenis investasi memiliki tingkat resikonya masing-masing. Misalnya Anda membeli saham suatu perusahaan di pasar modal, Anda harus benar-benar memahami perusahaan tersebut, dapat memprediksi kemungkinan yang dialami perusahaan tersebut dari laporan portofolio yang tersedia, karena Anda sendiri yang memegang kendali saat membeli saham perusahaan tersebut atau Anda dapat menggunakan jasa manajemen investasi seperti dana reksa, Anda hanya perlu mempercayakan dana Anda pada dana reksa nantinya mereka yang akan menentukan dimana dana Anda akan diinvestasikan.
  3. Pelajari dasar investasi. Hal ini berguna untuk mencegah Anda ditipu oleh investasi bodong yang marak belakangan ini. Pelajari dahulu satu jenis investasi yang memang Anda minati setelah Anda paham investasi tersebut, baru Anda pelajari investasi yang lain agar Anda benar-benar memahami masing-masing jenis investasi yang ada.
  4. Sisihkan uang. Jika Anda memang benar-benar berinvestasi sisihkan sebagian pendapatan atau uang saku Anda untuk berinvestasi. Hal ini agar Anda menggunakan uang Anda sendiri untuk berinvestasi, jangan sampai Anda berinvestasi dengan uang pinjaman apalagi pinjaman bank karena tentu saja ada bunga yang harus dibayarkan. Bagaimana jika pinjaman dan bunga pinjamannya lebih besar dari total pengembalian investasi Anda? Bukan keuntungan malah petaka yang Anda dapatkan. Dengan Anda menyisihkan uang Anda, Anda sekaligus berlatih untuk memanajemen keuangan Anda.
  5. Investasi butuh kesabaran. Maksudnya investasi bukan berarti jalan alternatif Anda untuk menjadi kaya raya, Anda harus tetap rasional. Jangan sampai Anda memilih investasi dengan janji keuntungan yang tidak masuk akal karena Anda bisa saja ditipu. Lebih baik pilih investasi dengan keuntungan yang wajar meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai hasil yang Anda harapkan.

Demikian tips memilih investasi yang dapat Anda terapkan khususnya para pemula. Intinya jangan sampai Anda berinvestasi hanya untuk mengikuti zaman tanpa tahu apa pun tentang investasi karena hal itu sama saja Anda merugikan diri Anda sendiri. Ayo investasi, kalau nggak sekarang, kapan lagi?