Mending Beli Rumah atau Apartemen?

Saat ini semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi, salah satunya investasi properti. Namun beranekanya jenis properti yang ditawarkan malah membuat investor bingung dalam menentukan properti. Tidak hanya untuk para investor, masyarakat umum yang memiliki kebutuhan  tempat tinggal juga merasakan hal yang sama, khususnya masyarakat perkotaan dimana banyak sekali apartemen yang tersedia. Lalu, lebih baik membeli rumah atau apartemen? Simak penjelasan rumah dan apartemen di bawah ini.

Perbedaan Rumah Dan Apartemen

Rumah merupakan tempat tinggal dengan tanah dimana bangunan berdiri serta halaman sekitar bangunan sesuai dengan surat perjanjian pembelian, sedangkan apartemen merupakan tempat tinggal berupa satu unit yang ada dalam suatu gedung dan tidak meliputi tanah maupun halaman sekitarnya.

Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan masing-masing?

Keunggulan Rumah

  1. Memiliki rumah berarti tidak hanya sebatas bangunan saja, tetapi juga tanah serta halaman. Hal itu tentu saja memberi keuntungan bagi si pemilik, misalnya saja halaman rumahnya dapat digunakan untuk berkebun atau berolahraga, bisa juga dijadikan warung kelontong atau warung makan yang dapat menambah penghasilan si pemilik. Selain itu, dengan memiliki tanah, berarti si pemilik secara tidak langsung juga sedang melakukan investasi karena harga tanah yang selalu meningkat setiap tahun.
  2. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa membeli rumah berarti juga membeli tanah, maka rumah cenderung mudah dijual atau digadaikan karena memberikan keuntungan yang lebih besar sebab memiliki harga yang lebih tinggi.
  3. Rumah merupakan bangunan yang berdiri sendiri sehingga pemilik dapat merenovasinya dengan lebih leluasa sesuai dengan selera pemilik bahkan jika ingin merubah bentuk asli rumah pemilik juga dapat melakukannya.
  4. Privasi pemilik terjaga karena bangunan antar rumah yang terpisah.

Kekurangan Rumah

  1. Biaya perawatan rumah ditanggung sendiri, karena tidak yang menyediakan fasilitas keamanan maupun kebersihan yang siap melayani, maka pemilik rumah harus menyiapkan dana keamanan dan kebersihannya sendiri.
  2. Semakin terbatasnya lahan yang tersedia saat ini harga rumah semakin lama semakin mahal, khususnya di daerah perkotaan.

Keunggulan Apartemen

  1. Lokasinya strategis karena apartemen biasanya dibangun di daerah pusat kota sehingga lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, sekolah, rumah sakit, bahkan pusat rekreasi
  2. Biasanya apartemen ditawarkan lengkap dengan perabotan rumah di dalamnya sehingga pemilik tidak perlu lagi bingung mengeluarkan dana untuk membeli perabotan rumah.
  3. Adanya fasilitas keamanan 24 jam dan kebersihan yang disediakan pengelola sangat meringankan beban pemilik dalam merawat apartemen
  4. Di gedung apartemen sendiri biasanya disediakan fasilitas pendukung, seperti tempat fitness, kolam renang, tempat makan, spa, dll yang dapat dinikmati pemilik secara cuma-cuma.

Kekurangan Apartemen

  1. Adanya peraturan dari pengelola apartemen yang terkadang membuat pemilik merasa kurang nyaman, seperti larangan memiliki hewan peliharaan.
  2. Tidak dapat leluasa merenovasi karena pada dasarnya bangunan unit apartemen saling menempel satu dengan yang lain sehingga jika melakukan renovasi maka dapat mengganggu maupun merusak unit apartemen lainnya.
  3. Adanya biaya perawatan yang ditentukan dari pihak pengelola yang cukup besar.
  4. Penghuni apartemen yang merupakan masyarakat kota cenderung jarang melakukan interaksi dengan tetangganya karena kesibukannya masing-masing sehingga penghuni apartemen biasanya individualis.
  5. Rendahnya privasi karena unit yang saling menempel sehingga jika tetangga melakukan aktivitas seperti memasang foto, dll ditemboknya maka akan terdengar oleh tetangga yang lain. Selain itu, bisa adanya kerusakan yang diakibatkan aktivitas dari unit lain karena sistem yang terpasang berkaitan antar unit.

Harga Rumah Dan Apartemen

Biasanya harga rumah cenderung lebih tinggi daripada apartemen karena rumah sekaligus juga membeli tanah dimana bangunan berdiri. Namun ada faktor lain yang memengaruhi harga rumah dan apartemen, yaitu:

  1. Lokasi

Semakin strategis lokasinya biasanya baik rumah maupun apartemen harganya akan lebih mahal. Lokasi yang strategis seperti dekat pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan. Saat ini kebanyakan apartemen berada di lokasi strategis atau perkotaan, karena minimnya lahan yang ada.

  1. Luas bangunan

Semakin luas bangunan yang ditawarkan semakin mahal harganya, baik rumah maupun apartemen. Untuk rumah sendiri tidak ada patokan untuk ukurannya, untuk apartemen biasanya sudah ditentukan ukuran per unitnya oleh pihak pengelola.

Melihat ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa rumah dan apartemen memiliki keunggulannya masing-masing, dan semua kembali pada kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membeli untuk kebutuhan investasi maka disarankan untuk membeli rumah, karena harga tanah yang selalu meningkat membuat harganya cenderung naik. Sedangkan untuk Anda yang berada di perkotaan dengan aktivitas yang padat dan ingin membeli untuk tempat tinggal, disarankan untuk membeli apartemen karena lokasinya yang cenderung strategis serta sudah tersedianya fasilitas yang lengkap dari keamanan, kebersihan, olahraga serta hiburan. Jadi Anda memilih rumah atau apartemen?